Pelatihan "Teknik Menyusun Buku Monograph dan buku Referensi"


Pada hari Rabu, 5 April 2023, Bagian Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3kM) di Universitas Dinamika menyelenggarakan pelatihan penyusunan buku referensi dan monograf bagi para dosen di lingkungan kampus. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas karya ilmiah para dosen dan juga memberikan wawasan tentang bagaimana membuat buku referensi dan monograf yang baik dan berkualitas.



    Pelatihan ini diadakan di Ruang Laksda Mardiono dan dihadiri oleh para dosen dari Fakultas Teknologi dan Informatika. Prof. Dr. Budi Jatmiko, M.Pd, selain sebagai rektor, juga menjadi Narasumber utama dalam pelatihan tersebut. Beliaumemiliki pengalaman dalam menulis buku referensi dan monograf dan sudah menghasilkan beberapa karya yang telah dipublikasikan di berbagai media ilmiah.


    Dalam pelatihan ini, Prof. Budi panggilan akrab beliau membahas berbagai aspek penting dalam penyusunan buku referensi dan monograf. Ia juga memberikan tips dan trik serta bagaimana cara menulis buku referensi dan monograf yang baik. Para peserta juga diberikan kesempatan untuk bertanya dan berdiskusi tentang masalah yang mereka hadapi dalam menyusun buku referensi dan monograf.


Pelatihan ini dianggap sukses dan mendapat respon positif dari para peserta. Tri Sagirani, S.Kom., M.MT selaku Dekan FTI sekaligus menjadi salah satu peserta pelatihan ini menyatakan bahwa pelatihan ini memberikan banyakmanfaat bagi peserta, terutama bagi dosen yang masih awam dalam menulis buku referensi dan monograf. Selain itu, pelatihan ini memberikan wawasan baru tentang bagaimana membuat buku referensi dan monograf yang berkualitas.


    Kepala Bagian Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3kM) Dr. M.J. Dewiyani juga menyatakan bahwa pelatihan ini dilaksanakan untuk mengedukasi dosen agar mampu membuat buku monograph dan referensi yang benar dan diakui oleh PO PAK (Sistem Penilaian Angka Kredit Dosen). Selain itu Bu Dewiyani juga menyampaikan akan terus mengadakan pelatihan-pelatihan serupa untuk membantu para dosen dalam meningkatkan kualitas karya ilmiah mereka. Semoga akan lahir buku-buku referensi dan monograft baru yang dihasilkan oleh Ibu Bapak Dosen dari Fakultas Teknologi dan Informatika. (_rani)